Berita Online

« »
« »
« »
Get this widget

Sabtu, 16 Februari 2013

Masalah yang terjadi pada Inverter Laptop


Masalah  yang terjadi pada Inverter Laptop
Masalahan yang sering timbul pada LCD laptop adalah laptop menyala normal akan tetapi tampilan pada LCD adalah samar-samar, penyebabnya lampu neon (CFC bulb) yang ada pada LCD tidak menyala, penyebabnya adalah supply tegangan ke neon tidak ada akibat kerusakan pada inverter. Artikel mengenai inverter sudah saya paparkan pada artikel-artikel saya terdahulu, pada kesempatan ini saya akan jabarkan ulang secara singkat.
Definisi Inverter secara umum adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) ke alternating current (AC)  yang dihasilkan dapat di setiap diperlukan tegangan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan kontrol sirkuit. Sedangkan inverter LCD laptop adalah sebuah papan sirkuit kecil  (biasanya sebesar pena). Tanpa inverter, cahaya layar LCD  akan terlalu lemah. Dengan mengendalikan output dari inverter, laptop dapat menyesuaikan kecerahan dari layar. Beberapa jenis laptop inverter dapat melakukan ini secara otomatis dengan menggunakan sensor kecil untuk mendeteksi seberapa terang ruangan, dan menyesuaikan output yang sesuai.

LCD laptop diterangi oleh satu atau dua lampu neon tipis yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari pada komponen komputer lainnya. Inverter biasanya ditempatkan dekat dengan lampu, untuk menjaga kekuatan kabel yang pendek. Selain menggunakan inverter beberapa laptop menggunakan dioda untuk memancarkan cahaya putih (LED). Laptop ini tidak memerlukan inverter sama sekali, karena LED dapat mengangkat cahaya LCD.
 Seperti halnya komponen elektronik, kesalahan dapat terjadi dalam laptop inverter, terutama setelah bertahun-tahun digunakan. Gejala umum termasuk layar berkedip-kedip on dan off, layar tampak terlalu lemah untuk membaca, dan bahkan kadang-kadang samar. Perlu dicatat bahwa ada kemungkinan penyebab lain untuk semua gejala ini, yang terbaik laptop didiagnosis oleh teknisi profesional. Jika ditemukan rusak, laptop inverter biasanya bisa diganti.
Setiap model laptop akan memiliki desain inverter tertentu. Menggantikan inverter adalah relatif cepat dan murah, dan biasanya lebih efektif daripada diperbaiki. Proses penggantian hanya melibatkan mengeluarkan layar panel, mencabut inverter tua, dan menggantikannya dengan yang baru. Tetapi persolannya adalah desain / model inverter untuk setiap model dan tipe berbeda-beda, terutama untuk socket penghubung dengan vga card fleksibel.
Postting Terkait



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar