Jumat, 12 Juli 2013

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Penggolongannya



1.     Klasifikasi Komputer Berdasarkan Penggolongannya
Komputer oleh beberapa professional diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang, ada yang menggolongkan yang berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukuran dan berdasarkan generasi serta berdasarkan yang lain.
a.     Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu :
1.     Komputer Analog,
yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ; arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya
2.     Komputer Digital,
digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC dan lain-lain.
Keunggulan dari computer ini adalah
* Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog.
* Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
3.     Komputer Hybrid,
merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, misalnya faxcimile dan lain-lain.
b.     Komputer Berdasarkan Penggunaanya
Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi :
1.     Special-Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special-purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri
2.  General-Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain-lain
General-Purpose Komputer dapat berupa kompuer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah general-purpose computer
c.     Komputer Berdasarkan Ukurannya
Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan atas ;
1.     Tower (Menara),
2.     Desktop (Meja)
3.     Portable
4.     Notebook
5.     Subnotebook
6.     Palmtop
d.     Komputer Berdasarkan kemampuannya
Komuter ini digolongkan menjadi
1.     Komputer Pribadi (Personal Computer)
adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program aplikasi saat tertentu. Komputer ini biasanya digunakan untuk kepentingan rumah tangga seperti untuk menulis dokument, membuat gambar, mencetak dokumen, mendengarkan MP3, Melihat VCD atau DVD serta untuk permainan atau game.
2.    Super Komputer (Mainframe)
adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai. Karena bentuknya yang besar, maka tempat untuk menyimpannyapun adalah cukup luas. Komputer ini digunakan dengan tujuan khusus seperti untuk menangani data-data perusahaan, mendesain gedung-gedung bertingkat tinggi, mendesain pesawat terbang, menganalisa molekul-molekul, serta digunakan untuk server website. Perusahaan website ternama seperti : Google, Yahoo, Amazon, dan Altavista menggunakan komputer jenis ini untuk digunakan sebagai server.
3.    Dedicated Computer
merupakan komputer yang digunakan untuk keperluan tertentu. Contoh yang paling sering digunakan adalah video game. Untuk bentuknya video game saat ini dapat ditemui dengan berbagai ukuran, mulai ukuran yang kecil sehingga dapat dibawa tangan, seperti PS Portable, hingga ukuran yang besar seperti PS1, PS2, PS3, X-Box, Sega atau Nitendo. Pada umumnya untuk Video game telah dilengkapo dengan Joystick untuk menjalankannya.
4.    Embedded Computer
merupakan komputer yang telah tertanam pada sebuah perangkat atau alat tertentu. Komputer jenis ini digunakan sebagai unit kontrol untuk melakukan pengaturan terhadap sebuah perangkat atau peralatan yang membutuhkan pengendalian secara otomatis. Contoh perangkat ini adalah telephone, robot, pesawat terbang, mobil, pendingin ruangan, peluru kendali, dan lain sebagainya.

e.  Golongan komputer berdasarkan instalasi

1. Komputer pribadi (Personal computer)
Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk sendiri dan tidak terhubung dengan komputer-komputer lainnya.

2. Komputer jaringan (Network computer)
Komputer jenis ini tersambung ke komputer lain melalui media komunikasi tertentu seperti switch, hub, dan lainnya. yang dalam pengoperasiannya diatur oleh satu atau beberapa komputer server.

f.  Klasifikasi Komputer Berdasarkan Generasi


1. Komputer Generasi Pertama

Perkembangan computer pada masa kini diawali dengan dibuatnya Electronic Numerical and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan lima juta titik solder merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160 Kw. ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert dan John W Mauchly, computer ini bekerja 1000 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan Mark I. Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electric Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memory untuk menampung baik program maupun data. Kunci utama desain Neumann adalah unit pemrosesan data (CPU).

Tahun 1951 komputer komersial pertama yang di buat oleh Remington Rand di buat berdasarkan memanfaatkan model Neumann dinamakan UNIVAC. Ciri-ciri computer generasi pertama adalah penggunaan Tube Vacum, ia yang membuat computer pada zaman itu menjadi berukuran besar.

2. Komputer Generasi Kedua


Computer jenis kedua sudah menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum, di mulai sejak 1956, akibatnya ukuran fisik mesin-mesin elektrik berkurang drastis.Penemuan lain adalah pengembangan memory anti magnetic yang membantu pengembangan computer generasi kedua yang menjadi lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat di andalkan dan lebih hemat energi. IBM membuat computer bernama Stretch dan Sprer-Ryand membuat computer bernama LARC , computer tersebut sangat mahal dan kompek untuk kebutuhan komputasi bisnis sehingga tidak popular,hanya dua LARC yang trpasang, yaitu di Lawrence Radition Labs di Livemore California dan US Navy Research and Development Center di Wasington DC. Komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly menggantikan bahasa mesin, bahasa assembly adalam bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Baru sejak tahun 1960 bermunculan computer-komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor yang sukses di bidang bisnis, dapat menggunakan media penyimpanan semecam disket , printer, memory system oprasi dan program, salah satu contoh yang popular pada massa itu adalah IBM 1401.


3. Komputer Generasi Ketiga


Meskipun penggunaan transistor mengungguli tabung vakum namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Jack Kilby pada tahun 1958 menemukan Batu Kuarsa (quartz rock) sebagai bahan dasar pembuat sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit) dimana di dalamnya terdapat kombinasi tiga rangkaian elektronik, kemudian para ilmuan berhasil memasukkan banyak komponen-komponen lagi kedalam yang di sebut sebagai Chip yang terbuat dari bahan silicon sehingga computer menjadi semakin kecil.


4. Komputer Generasi Keempat

Pada tahun 1980-an komponen semi konduktor mengalami kemajuan dengan di kembangkannya Very Large Scale Integration (VLCI), dapat memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal, kemudian Ultra-Large Scale Integration (ULCI) meningkatkan menjadi jutaan komponen. Dengan komponen yang besarnya hanya setengah uang logam dan dengan kemamouan kapasitas yang dapat menampung sedemikian banyak komponen berakibat turunnya harga dan ukuran fisik computer. Chip Intel 4004 yang di buat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada prkembangan teknologi computer , chip ini menampung seluruh komponen dari sebuah komoputer yang terdiri dari central processing unit, memory dan kendali input dan output. Sebelumnya IC di buat hanya untuk mengerjakan satu tugas tertentu yang spesifik, sekarang sebuah micro processor dapat di produksi dan kemudian di program untuk memenuhi kebutuhan yang di inginkan . Dalam tempo yang singkat berbagai peralatan rumah tangga seperti microwave oven, pesawat televise, mesin cuci dan kendaraan mahal mutakir di lengkapi dengan micro processor Bik untuk kebutuhan skuriti maupun untuk system injeksi elektronik.

Perkembangan teknologi computer yang demikian pesat memungkinkan orang orang umum dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi ini, kepemilikan computer kini tidak lagi menjadi milik perusahaan-perusahaan besar dan lembaga pemerintah.

Pada tahun 1971 produsen peralatan computer menawarkan produk mereka berupa computer rakitan ke masyarakat umum, computer ini di sebut minicomputer, di jual bersamaan dengan paket pinanti lunak yang mudah di gunakan oleh masyarakt awam.Piranti lunak (software) popular pada saat itu adalah word processor dan spreadsheet,.Pada awal 1980 muncul produk computer game Atari 2600 yang dapat diprogam untuk kebutuhan segmen keluarga.

Pada tahun 1981 IBM menawarkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan computer di rumah , kantor dan sekolah , hal ini mendorong jumlah pengguna computer dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit , sepuluh tahun kemudian terdapat sekitar 65 juta PC yang di gunakan. Evolusi computer tidak berhenti di situ, dari computer meja (desk top) berkembang menjadi computer yang dapat di jinjing kemana-mana dan di masukkan kedalam tas (lap top), atau bahkan computer yang dapat di genggam(palmtop).

Pada masa sekrang , kita mengenal computer IBM compatible dengan pemakain CPU:IBM PC/486 kemudian berkembang muncul produk processor dan board dari Intel yaitu Pentium, Pentium II, Pentium III, processor Core Duo, Quad Processor juga AMD K6,Athlon dan lain sebagainya.

5.Komputer Generasi Kelima

Generasi computer kelima dalam segi usia masih sangat muda, computer generasi kelima lahir berdasarkan imajinasi Arthur c. Clarke berupa novel fiksi yaitu HAL 9000. HAL menampilkan seluruh fungsi yang di inginkan dari sebuah computer generasi kelima. Dengan berdasarkan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisai HAL 9000 masih jauh dari kenyataan , banyak fungsi-fungsi yang dimiliki sudah terwujud, beberapa computer sudah dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia, kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.

Banyak kemajuan di bidang desain computer dan teknologi semakin memungkinkan terwujudnya pembuatan computer generasi kelima di antaranya adalah kemampuan pemrosesan parallel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model ini akan di gantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran listrik yang mengaalirinya tanpa ada hambatan apapun sehingga dapat mempercepat informasi.
Postting Terkait



Tidak ada komentar :

Posting Komentar