Jumat, 12 Juli 2013

HAL yang PERLU SAAT MENGHIDUPKAN dan MEMATIKAN KOMPUTER DENGAN BENAR



1.     Hal yang perlu diperhatikan dalam menghidupkan dan mematikan computer secara benar :
  • Bila menghidupkan komputer, pastikan peralatan/kabel terpasang dengan benar. Gunakan stabilizer atau UPS untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh arus listrik yang tidak stabil.
  • Pastikan arus listrik mencukupi bila menghidupkan komputer, apabila arus listrik tidak kuat, maka akan berulang kali padam karena kelebihan beban. dan hal ini dapat berpengaruh terhadap komputer.
  • Apabila sudah terpasang semua, maka bisa dimulai untuk menghidupkan komputer, yang diawali dengan menekan tombol power ON-Off yang ada pada cassing komputer kemudian menyalakan monitor untuk melihat proses booting atau melihat bios bekerja.
  • Setelah proses booting selesai maka komputer akan menampilkan desktop wallpaper atau background. Setelah menunggu beberapa saat, window akan menampilkan icon-icon yang bertebaran dihalaman depan wallpaper, setelah itu barulah komputer siap untuk menjalankan program aplikasi-aplikasi sesuai dengan kebutuhan.


2.     Hal yang perlu diperhatikan dalam mematikan computer secara benar :

·        Untuk mematikan komputer, tutup semua program aplikasi yang telah dijalankan tadi, kemudian barulah klik Start pilih shutdown.
Setelah beberapa saat komputer akan mati dengan sendirinya, kita tinggal mematikan monitor, untuk lebih amannya matikan tombol regular listrik bila ada atau cabut colokan komputer dan monitor dari sumber listrik.
Bila menghidupkan dan mematikan komputer seperti yang dilakukan diatas maka komputer kita tidak akan cepat rusak akibat kesalahan mematikan atau menghidupkan komputer. Secanggih apapun komputer bila sering mengidupkan dan mematikan komputer secara sembarangan maka usia komputer tidak akan bertahan lama.

Apabila sering terjadi kesalahan dalam hal mematikan dan menghidupkan komputer akan mengakibatkan hardware dan software sering mengalami trouble, karena pada saat menjalankan program, piringan harddisk dalam keadaan berputar dan head menempel pada platter (piringan).

Bila komputer tersebut dimatikan secara tiba-tiba dan arus listrik terputus, maka piringan yang berputar tersebut akan berhenti secara tiba-tiba pula dan terjadi gesekan yang keras pada head. Akibatnya terjadi kerusakan pada piringan yang menyebabkan hilangnya beberapa data.

Bila kebetulan data yang hilang tersebut data program atau sistem maka programnya pun tidak akan berjalan, dan seandainya masih bisa berjalan pastinya program tersebut akan sering error karena hilangnya sebagian data/komponen file program ataupun sistem tersebut.

Postting Terkait



Tidak ada komentar :

Posting Komentar